Kamis, 19 Maret 2015



Yayasan Bina Talenta Tunas Bangsa Karya Mandiri disingkat YBTTBKM,  didirikan pada bulan  Januari 2011 oleh orang tua penderita Autisme beserta para simpatisannya. Yayasan ini adalah sebuah badan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan para penyandang Anak Spesial dan membantu para penderita memberdayakan dirinya, sehingga mereka dapat menjadi manusia yang mandiri.
Filosofi
Sebagai sebuah badan sosial yang independen, YBTTBKM adalah wadah yang senantiasa terbuka untuk mempertimbangkan berbagai pendekatan penanganan bagi para penderita Anak Spesial. Kami sadar bahwasanya penyimpangan yang dialami oleh para penderita tersebut adalah berupa spektrum yang menyebabkan keadaan satu penderita dengan penderita lainnya berbeda/unik. Karenanya sulit dipastikan pendekatan mana yang terbaik untuk diterapkan kepada seorang penderita.
Dengan memberikan berbagai informasi yang terseleksi, diharapkan YBTTBKM dapat membantu masyarakat dalam memilih cara untuk dapat memberdayakan seorang penderita Anak Spesial.
Misi
Melalui Gerakan Peduli Autisme, YBTTBKM akan menggalang kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri, untuk menyebarkan informasi, menyelenggarakan seminar dan pelatihan, demi tercapainya :
  • Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya penditeksikan dan penanganan dini terhadap para penderita Anak Spesial
  • Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya persamaan hak bagi para penderita Anak Spesial di dalam mendapatkan pelayanan umum, seperti pendidikan di sekolah umum, pelayanan kesehatan dan juga lapangan pekerjaan.
  • Peningkatan kesadaran masyarakat bahwasanya para penyandang Anak Spesial mempunyai potensi untuk berkembang dan menjalankan hidupnya secara mandiri bila dalam prosesnya mereka didukung oleh sumber daya manusia yang terlatih.
YBTTBKM juga mendukung sepenuhnya pengembangan berbagai penelitian baik yang ditujukan untuk kepentingan medis maupun pendidikan.
Untuk tercapainya tujuan-tujuan di atas, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, YBTTBKM akan senantiasa mengembangkan diri dalam upaya meningkatkan pelayanannya. Bagi mereka yang berkeinginan membantu program YBTTBKM, baik sebagai donatur maupun sponsor dapat menghubungi Sekretariat YBTTBKM.
Program Kerja pertama adalah mendirikan sekolah dan terapi anak berkebutuhan khusus “TALENTA CENTER”
VISI: TALENTA CENTER,  merupakan Sekolah Terpadu memberikan program yang berkesinambungan dan terpadu dalam mengolah serta mengembangkan kemampuan siswa agar kelak menjadi individu yang mandiri.
MISI: TALENTA CENTER, Sekolah Terpadu menerapkan program akademik dan kejuruan terpadu yang dituangkan kedalam kurikulum pendidikan belajar aktif dengan pendekatan program perorangan atau IEP (Individualized Education Pogram).
Pusat Terapi dan Sekolah Anak Spesial percaya bahwa anak anak dapat meraih potensi maksimumnya jika diberi penanganan yang tepat. Pelayanan yang kami berikan akan bermanfaat bagi anak anak dengan gangguan perkembangan, kesulitan di bidang akademis, keterampilan untuk hidup (life skills) serta kemandirian.
Anak anak yang mengalami kesulitan tersebut termasuk didalamnya:
  • Attention Deficit / Hyperactivity Disorder (ADD/ADHD)
  • Down Syndrome
  • Asperger’s Syndrome
  • Kesulitan Belajar
  • Keterlambatan Wicara
  • Gangguan pada Proses Auditori
  • Masalah Perilaku
  • Gangguan perkembangan (Cerebral Palsy/ CP)
  • Sensory Integration Dysfunction
  • Pervasive Developmental Disorder (PDD)
  • Keterlambatan Perkembangan lainnya
Untuk dapat memberikan kualitas terapi yang terbaik, para terapis yang ada di  Pusat Terapi dan Sekolah Anak Spesial senantiasa berusaha untuk meningkatkan pendidikan baik secara formal maupun nonformal di dalam dan luar negeri agar para klien mendapat penanganan yang mutahir dan berkualitas.
Pusat Terapi Sekolah Anak Spesial menyediakan program terapi multidisiplin sehingga memungkinkan bagi para klien untuk mendapatkan program yang komprihensif dan holistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar